0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Daging Sapi Terus Meroket, Ada Sinyal Operasi Pasar

dok.redaksi

Pedagang daging sapi

Timlo.net – Harga daging sapi terus meroket naik. Pemerintah memerintahkan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk melakukan operasi pasar selama dua minggu ke depan.

“Untuk jangka pendek ada intervensi yang dilakukan oleh Bulog. Paling sedikit dalam 1-2 minggu ke depan ini Bulog lebih dari cukup,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil, Senin (10/8).

Sebagai solusi jangka panjang, Menteri Sofyan menjelaskan pemerintah akan memperbaiki sistem produksi sapi. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian, Perdagangan, dan Bulog telah mengadakan rapat guna berkoordinasi mencari solusi.

“Jangka menengah dan jangka panjang tentu harus kita lihat secara keseluruhan tentang sistem perdagangan ini, tentang kebijakan, penggemukan, dll,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengakui adanya kenaikan harga daging sapi. Namun dia menjamin masih ada stok daging sapi selama empat bulan mendatang.

“Tapi hitungan kami Mentan dan Mendag sampai empat bulan. Terakhir 160 ribu ekor, jadi itu cukup 4 bulan karena 40 ribu per bulan,” kata Amran.

Ia membantah jika kenaikan harga daging sapi lantaran aksi mogok para pedagang pada hari kemarin. Lanjut dia, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti akan melakukan tindakan tegas terhadap para pedagang yang menimbun daging sapi.

Dia juga menambahkan, pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi soal kenaikan harga daging sapi.

“Kementan mengeluarkan rekomendasi sesuai yang dibutuhkan bukan yang diinginkan,” ujar dia.

Mantan Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Ismed Hasan Putro sempat mengatakan harga sapi di pasaran belum pernah mengalami penurunan sejak 2012. Tercatat, saat ini harga daging di pasar tradisional masih berkisar antara Rp 90.000 sampai Rp 100.000 per kilogram.

Padahal dibandingkan negara tetangga, semisal Malaysia harga daging hanya Rp 49.000 per Kg. Untuk itu, dikatakan Ismet Indonesia bisa mengalami puasa daging hingga 2016 mendatang.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge