0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bantuan Pompa Air, Jurus Pemerintah Atasi Kekeringan

dok.merdeka.com

kekeringan

Timlo.net – Setiap tahun Indonesia mengalami kekeringan sekitar 200 ribu hektar lahan. Oleh sebab itu, sejak bulan Januari sudah disediakan pompa air seribu unit untuk mengatasi kekeringan.

“Kami juga sudah perbaiki irigasi 1,3 hektar, perlu kami sampaikan kekeringan bukan di seluruh Indonesia 14 hektar. Bulan Agustus juga sudah panen 76 persen,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Senin (10/8).

Menurut dia, bulan Oktober akan mengalami puncak kekeringan 11 juta hektar lahan yang siap panen. Sehingga dalam waktu dekat akan dilakukan hujan buatan yang bekerjasama dengan TNI dan BNPB.

“Rapat tadi, Insya Allah dalam waktu dekat akan ada hujan buatan 1 atau 2 hari daerah sasarannya Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan,” ujar dia.

Kepala BNPB Syamsul Ma’arif mengatakan pihaknya akan menyediakan pesawat casa 295 dan casa 292 yang sudah berada di Kalimantan Timur untuk membantu melaksanakan hujan buatan. Sedangkan pihak TNI menyiapkan dua pesawat hercules.

“Sudah siapkan heli semoga cepat dilaksanakan tentunya akan berkoordinasi dengan Kementan, Kementerian PU dan Pemda setempat. Kami akan membantu mereka dana 200 miliar untuk daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan NTB,” kata Syamsul.

[did]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge