0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanpa Ahok, Menteri Pariwisata Hadiri Acara Ikawangi di TMII

merdeka.com

Ahok dan Bupati Banyuwangi di TMII

Timlo.net – Ikatan Keluarga Besar Banyuwangi (Ikawangi) menggelar gebyar seni budaya Banyuwangi dan halal bihalal di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Acara ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata yang juga putra asli Banyuwangi, Arief Yahya.

Kepala Seksi Bidang Mobilisasi acara ini, Agus Boy mengatakan, awalnya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bakal ikut memeriahkan acara ini. Namun dikarenakan ada kepentingan yang mendadak, pria yang kera disapa Ahok itu mengurungkan niatnya memeriahkan acara.

“Pak Gubernur sedang ada acara mendadak. Tadi ada Pak Menteri Pariwisata saja yang hadir,” kata Agus, Minggu (9/8).

Agus menyatakan acara ini sesungguhnya diperuntukkan bagi Warga Banyuwangi asli yang tinggal di Jabodetabek, Bandung dan Banten yang rindu dengan kesenian kampung halamannya. Oleh sebab itu, acara yang rutin digelar tiap tahun ini menjadi cara bagi Warga Banyuwangi mengobati rindu akan kampung halaman.

“Ada beberapa kesenian yang ditampilkan. Salah satunya sendra tari seluk bayu. Selain mengobati rasa rindu kampung halaman bagi para perantauan, acara ini juga untuk melestarikan kebudayaan Banyuwangi,” kata Agus.

Agus menjelaskan selain mengobati rasa rindu akan kampung halaman dengan menghadirkan kesenian khas Banyuwangi, tentunya disediakan pula kuliner daerah yang dijuluki Sunrise of Java ini. Seperti, Rujak Soto, Nasi Tempong, Rawon Banyuwangi dan Pecel Pete.

“Kalau untuk rawon Banyuwangi beda dengan rawon pada umumnya karena dari cara masak pun beda. Cuma ada di Banyuwangi,” jelasnya.

Agus melanjutkan setidaknya ada 2.000 warga Banyuwangi yang hadir dalam acara ini. Acara ini juga dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

[war]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge