0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

227 Napi Diusulkan Dapat Remisi HUT RI, 42 Langsung Bebas

(dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Solo mengusulkan sebanyak 227 narapidana (napi) mendapat remisi umum pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang. Tak hanya itu, selain mendapat remisi umum seluruh napi juga mendapat remisi Dasawarsa.

“Untuk remisi Dasawarsa kami mengajukan sebanyak 271 napi. Remisi Dasawarsa tergolong lebih banyak karena jumlah keseluruhan napi diikut sertakan,” terang Kasub Sie Administrasi dan Perawatan Rutan Kelas 1 Solo, Cariati Mahanani mewakili Karutan Solo, R Andika saat dihubungi wartawan, Minggu (9/8) siang.

Terkait besaran remisi yang diberikan, Cariati mengaku tiap napi bervariasi tergantung masa vonis tahanan yang dijatuhkan. Untuk remisi umum diberikan sebanyak 15-30 hari. Sedangkan, untuk remisi Dasawarsa bisa mencapai 1 bulan-3 bulan tergantung dari lamanya vonis serta lamanya napi menghuni Rutan Solo.

“Untuk tahun ini bertepatan dengan jatuhnya remisi Dasawarsa yang diberikan tiap 10 tahun sekali di Hari Kemerdekaan RI,” kata Cariati.

Disinggung napi langsung bebas saat menerima remisi tahun ini, Cariati mengaku terdapat 42 napi yang langsung dapat menghirup udara bebas. Jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun pemberian remisi sebelumnya.

“Ada sekitar 42 napi langsung bebas. Kenapa, karena selain mendapat remisi umum napi juga mendapatkan remisi khusus atau Dasawarsa yang memang jumlahnya lebih besar jika dibandingkan dengan remisi lainnya,” ujar Cariati.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge