0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Riyadi Santosa Jadi Guru Besar UNS ke-174

Riyadi Santosa (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret (FIB UNS) Riyadi Santosa, dikukuhkan sebagai guru besar ke-174 di depan sidang terbuka Senat UNS, di Auditorium UNS, Kentingan, Solo, Kamis (6/8).

Dalam pidato pengukuhan guru besar yang berjudul “Bahasa Sebagai Pembawa dan Penghela Ilmu Pengetahuan (Sebuah Refleksi Berdasarkan Linguistik Sistemik Fungsional)”, Riyadi mengatakan sebenarnya Linguistik Sistemik Fungsional (LSF) merupakan sebuah pendekatan linguistik yang holistik yang dapat menyelesaikan masalah kehidupan atau appliable linguistik diterapkan dengan moda lain seperti komunikasi visual, politik, ekonomi, pendidikan dan sebagainya.

“Namun saya sengaja memilih judul memakai kata ‘pembawa dan penghela ilmu pengetahuan’, meski dalam Kurikulum 2013 masih kontroversi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Riyadi mengemukakan, saat ini setelah hampir satu tahun lebih sosialisasi Kurikulum 2013, mulai Juli 2013 sampai dengan Juli 2014, sebetulnya sudah ada sekitar 600 sekolah lebih yang melaksanakan. Akan tetapi, dengan keputusan Menteri Pendidikan kurikulum dievaluasi. Hasilnya dipersilakan bagi sudah siap, tetapi kembali ke Kurikulum 2006 bagi yang belum siap.

“Sangat memprihatinkan, bukan berarti harus diam tanpa ada pembenahan terhadap kekurangan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge