0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Sediakan Rp 2,7 M Untuk Kampanye, APK Ilegal Bakal Ditertibkan

dok.timlo.net/daryono
Komisioner Divisi Hukum, Pengawasan, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Sesuai Undang-Undang Pilkada, kampanye calon dalam Pilkada serentak ditanggung oleh negara. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mengalokasikan anggaran Rp 2,7 Miliar dari APBD 2015 untuk kampanye calon.

“Ada beberapa kampanye yang difasilitasi KPU. Namun, ada pula kampanye yang masih bisa dilakukan sendiri oleh pasangan calon,” kata Komisioner Divisi Hukum, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti kepada wartawan, Jumat (7/8).

Kampanye yang difasilitasi KPU antara lain pemasangan alat peraga kampanye (APK), penyebaran bahan kampanye, debat publik serta iklan di media massa, cetak dan elektronik. Bentuk iklan, spot dan durasi iklan kampanye juga sudah diatur KPU.

“Untuk APK lantaran sudah difasilitasi KPU jika ada APK tambahan yang muncul maka dianggal ilegal. KPU akan meminta agar APK ilegal itu ditertibkan oleh Panwaslu,” terang dia.

Nurul menjelaskan masa kampanye sudah dimulai pada  27 Agustus mendatang. Kampanye dilakukan hampir tiga bulan hingga 5 Desember. Setelah masa kampanye, tahapan memasuki masa tenang pada 6-8 Desember dan dilanjutkan pemungutan suara pada 9 Desember.

Meski sudah banyak item kampanye ditanggung KPU, paslon masih diperbolehkan melakukan kampanye tersendiri. Kampanye mandiri itu dalam bentuk pertemuan terbatas, dialog, rapat dan pertemuan lain yang tidak melanggar undang-undang. Kampanye di media sosial juga tidak dilarang.

Adapun bahan media kampanye yang diadakan sendiri oleh paslon, KPU membolehkan sepanjang nilainya tidak lebih dari Rp 25 ribu jika dikonversi dalam uang. Bahan kampanye tersebut meliputi kaos, topi, mug, kalender, kartu nama, pin, bolpoin, payung, stiker.

“Sesuai aturan tidak boleh lebih dari Rp 25 Ribu. Kalau lebih ya itu penindakannya di Panwaslu,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge