0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pabrik Diminta Lengkapi Alat Proteksi Kebakaran

dok.timlo.net/nanin
Ilustrasi kebakaran (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Perusahaan atau pabrik diharapkan memiliki alat proteksi kebakaran, selain itu juga rutin melakukan pelatihan penangganan kebakaran. Himbauan ini disampaikan BPBD Boyolali, pasca terbakarnya gudang di Pabrik kertas Kiky PT Solo Murni, Desa Batan, Banyudono, pekan lalu.

“Bencana kebakaran bisa dicegah sejak dini, pabrik harus memiliki SOP penangganan kebakaran,” ujar Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, Jumat (7/8).

Himbauan ini menyusul kejadian kebakaran pabrik kertas Kiky pekan kemarin. Ditegaskan, pihak perusahaan harus memiliki alat proteksi kebakaran. Selain itu perusahaan juga harus melakukan pengecekan dan evaluasi alat pemadam api ringan maupun pemadam internalnya.

Update simulasi kebakaran bagi para karyawanya juga penting dilakukan,” tambahnya.

Simulasi antisipasi kebakaran juga meliputi rute atau jalur evakuasi dan titik kumpul karyawan. Simulasi yang rutin dilakukan diharapkan dalam penangganan kebakaran bisa lebih optimal dan menekang korban jiwa dan kerugian material. Pihaknya juga berharap pabrik selalu koordinasi dengan BPBD.

Seperti misalnya melaporkan jumlah alat proteksi kebakaran yang ada, serta melaporkan letaknya kepada BPBD. Sehingga ketika terjadi hal yang tak diinginkan, petugas dapat langsung menggunakan alat proteksi kebakaran tersebut dengan cepat.

“Tidak hanya perusahaan, masyarakat juga harus lebih waspada,” tambahnya.

Sebelumnya, kebakaran melanda pabrik Kiky Jumat (31/7) malam. Selain kebakaran pabrik, sejumlah kejadian kebakaran juga terjadi selang hari berikutnya, di antaranya kebakaran gudang pengasepan tembakau di Dawar Kecamatan Mojosongo. Terakhir, kebakaran akibat tabung gas ngosos terjadi di warung Pasar Hewan Singkil Boyolali Kota, Kamis (6/8), yang mengakibatkan tiga korban luka bakar cukup serius.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge