0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Batu Isian Candi Sukuh Kagetkan Tim Ahli

CANDI SUKUH
Candi Sukuh dibongkar ()

Karanganyar — Tim Pemugaran Candi Induk Sukuh , Karanganyardikagetkan dengan struktur candi yang sangat berbeda dengan candi-candi lain di Jawa. Setelah batu kulit berwarna hitam dibongkar, ditemukan lagi batu isian berwarna coklat. Padahal biasanya setelah batu kulit, candi langsung diisi tanah uruk.

“Ini benar-benar sangat berbeda dengan candi lainnya, kita temukan batu isian bukannya tanah uruk seperti candi lainnya,” kata Koordinator Lapangan Tim Pemugaran Candi Induk Sukuh, Suyadi, baru-baru ini.

Suyadi mengaku tidak menyangka apabila bagian dalam Candi Induk Sukuh terdapat isian menyerupai batu kulit. Mereka tidak memperkirakan ada batu isian semacam itu.

“Tim ahli belum memastikan jenis isian yang menyerupai batu kulit itu. Apakah itu gundukan tanah atau tanah uruk,” kata Suyadi.

Namun, lanjut Suyadi, tim ahli belum memutuskan apakah batu yang menyerupai batu kulit itu akan dibongkar atau tidak. Saat ini, Tim Pemugaran Candi Induk Sukuh memprioritaskan pembongkaran batu kulit dan mengeruk tanah uruk.

“Arkeologi belum memutuskan batu yang menyerupai batu kulit itu akan dibongkar atau tidak karena perlu kajian lagi,” jelas Suyadi.

Suyadi menjelaskan, pihaknya juga belum mengetahui kenapa struktur candinya seperti itu. Pihaknya akan melakukan kajian lebih lanjut. Tim Pemugaran Candi Induk Sukuh akan menyelesaikan pemugaran. Setelah itu, mereka akan meneliti temuan.

“Kita fokus pembongkaran dahulu. Kalau sudah selesai, baru penelitian,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge