0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aset Perbankan Meningkat Pada Bulan Juni

timlo.net/setyo puji s
Kepala perwakilan BI Solo, Ismet Inono (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Pertumbuhan ekonomi pada semester pertama yang cenderung melemah tidak cukup berdampak kepada aset perbankan. Pasalnya pada bulan Juni 2015 aset perbankan justru tumbuh 12,2 persen jika dilihat secara year on year (yoy).

“Aset perbankan kita pada Juni 2015 mencapai Rp 66,1 Triliun atau meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 58,9 Triliun,” ujar Kepala BI Solo, Ismet Inono kepada wartawan, Kamis (6/8).

Dikatakanya, tingginya aset perbankan untuk wilayah Soloraya karena pada bulan Juni 2015, nominal kredit yang telah disalurkan mencapai Rp 56,3 Triliun, atau tumbuh 12,5 secara (yoy).

“Pertumbuhan kredit tersebut relatif meningkat jika dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya sebesar 12,0 persen (yoy),” jelasnya.

Tingginya pertumbuhan kredit tersebut di dorong oleh penyaluran kredit investasi yang mengalami ekspansi sebesar 0,5 persen (yoy) pada bulan Mei dan menjadi 9,0 persen pada bulan Juni.

“Selain itu kredit konsumsi juga mengalami pertumbuhan sebesar 4,6 persen secara year on year,” tandasnya.

Sedangkan pangsa terbesar untuk kredit sektoral lanjut Ismet, berasal dari sektor perdagangan, hotel dan restoran yang mencapai 35 persen dan selanjutnya diikuti oleh kredit industri pengolahan sebesar 28 persen.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge