0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alot, DPRD Klaten Gol-kan Dana Hibah Dewan Kesenian Rp 3,2 Miliar

merdeka.com
Ilustrasi Uang (merdeka.com)

Klaten — DPRD Klaten menyetujui dana hibah bagi Dewan Kesenian Klaten sebesar Rp 3,2 Miliar pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2015. Hal itu terungkap dalam rapat paripurna RAPD Perubahan, Kamis (6/8).

“Awalnya dana murni dari APBD sebesar Rp 300 juta. Di RAPBD Perubahan minta tambah awalnya Rp 2,9 Miliar lalu diubah lagi, tambah menjadi Rp 3,2 Miliar,” ungkap anggota Fraksi Partai Demokrat, Abriyanto Tri Nugroho, Kamis (6/8).

Dari informasi dihimpun Timlo.net, pembahasan dana hibah tersebut alot sejak di sinkronisasi antara satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dengan komisi II hingga rapat paripurna. Puncaknya, dilakukan voting dengan hasil 14 anggota dewan menolak dan 32 setuju. Adapun yang menolak dari PAN, PKB, Gerindra, dan Demokrat.

Menurut Abriyanto, alokasi dana miliaran Rupiah itu tidak memenuhi asas kebutuhan yang mendesak. Apalagi selama ini anggaran yang diserap Dewan Kesenian Klaten tidak pernah maksimal. Selain itu, sebelum pembahasan RAPBD perubahan tidak ada aspirasi untuk dana tersebut.

“Kita dari awal sudah tidak setuju untuk penambahan 3,2 Miliar di APBD Perubahan. Saya juga heran, anggaran sebesar itu manfaatnya apa coba. Daerah Kemalang banyak yang kekeringan, petani banyak gagal panen. Kok yo masih berpikir untuk konser musik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Joko Wiyono menjelaskan, dana itu akan digunakan pada kegiatan pesta musik rakyat. Mendatangkan artis – artis ibukota seperti Judika, Wali Band dan Afgan dan menghibur warga Klaten. Selain itu, untuk mengangkat nama Klaten, seperti digelarnya Festival Jathilan, Kirab Budaya dan lain sebagainya.

“Yang jelas kegiatan tersebut untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge