0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BI Solo Dorong Wartawan Mengupgrade Kemampuan Menulis

timlo.net/setyo puji s

Pembicara pelatihan jurnalistik, Sri Syamsiah LS saat menyampaikan materi

Solo – Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo menggelar pelatihan jurnalistik bagi wartawan. Bertajuk Penulisan berita ekonomi yang akurat dan bertanggung jawab, kegiatan tersebut menghadirkan pembicara dari Kepala desk Solo Metro, Sri Syamsiah LS.

“Sangat penting mengupgrade kemampuan menulis berita secara terus menerus. Apalagi dalam desk ekonomi banyak angka dan data yang terkadang tidak semua wartawan bisa memahaminya,” ujar Kepala BI Solo, Ismet Inono kepada wartawan, Kamis (6/8).

Dikatakanya, fungsi pers dalam era sekarang ini sangat penting untuk mendorong pembangunan. Karena bagaimanapun juga merekalah yang semestinya menjadi pengontrol segala kebijakan dari stake holder pemerintah.

“Oleh karena itu jika berita yang ditulis bisa memberikan informasi secara edukatif kepada masyarakat tentu akan memberikan dampak secara positif,” jelasnya.

Sementara itu, Sri Syamsiah LS dalam pemaparanya mengatakan, jika wartawan ekonomi bisnis semestinya memang harus bisa mengasai dan memahami persoalan ekonomi baik secara makro maupun mikro.

“Jika kita paham maka sangat mudah menuliskanya dengan jelas. Dan pembacapun juga bisa mudah memahami dari pesan yang ingin disampaikan,” tuturnya.

Dirinya juga menyampaikan jika ingin membuat sebuah tulisan yang menarik, wartawan juga dituntut harus lebih kreatif dalam membuat angle, kedalaman data, keragaman sumber dan juga sisi humanisnya.

“Jadi meskipun berita ekonomi identik dengan angka dan data namun tidak harus membuat wartawan meninggalkan sisi lain yang bersifat human interest,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia juga menegaskan, jika berita yang ditulis oleh wartawan seharusnya tidak hanya berhenti didalam memberikan informasi. Melainkan juga harus bervisi agar bisa membarikan arah, manfaat bagi masyarakat dalam mengambil keputusan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge