0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Konsumsi BBM Meningkat Tajam Saat Lebaran Kemarin

timlo.net/setyo puji s

antrian di SPBU

Solo – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) selama Lebaran tahun 2015 meningkat tajam jika dibandingkan hari normal sebelumnya. Hal itu terjadi lantaran libur cuti Lebaran yang lebih panjang serta adanya perpindahan titik macet dari Jawa Barat ke Jawa Tengah seiring dengan mulai beroperasinya Tol Cipali.

“Rata-rata konsumsi premium Lebaran 2015 baik saat arus mudik dan balik adalah 12.552 Kilo liter per hari atau meningkat 34 persen jika dibandingkan  rata-rata konsumsi harian  normal yang hanya sebesar 9.347 Kilo liter per hari,” ujar General Marketing Operation Regional IV Pertamina, Kusnendar dalam pesan singkatnya yang dikirim kepada awak media, Kamis (6/8).

Namun demikian, dikatakanya untuk konsumsi premium Lebaran tahun ini lebih rendah dari konsumsi Lebaran tahun sebelumnya yang mencapai 13.281 Kilo liter per hari. Kondisi itu terjadi karena sarana transportasi umum yang bertambah di 2015 serta banyaknya masyarakat yang menggunakan pertamax atau pertamax plus untuk kendaraan pribandinya.

“Pertamax mengalami peningkatan 52 persen dari rata-rata normal sebesar 1.086 Kilo liter per hari menjadi 1.652 Kilo liter per hari. Untuk pertamax plus dan pertamina dex mengalami peningkatan masing-masing 42 persen dan 10 persen,” jelasnya.

Sedangan untuk konsumsi Solar, lanjut dia justru terjadi penurunan sekitar 11 persen jika dibandingkan hari biasa. Hal itu karena kendaraan angkutan seperti truk dan sejenisnya dilarang untuk beroperasi selama masa Lebaran.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge