0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau, DKK Waspadai Penularan Penyakit

dok.timlo.net/
Gerakan Cuci Tangan (dok.timlo.net/)

Solo – Seiring dengan musim kemarau yang berkepanjangan, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mewaspadai timbulnya berbagai penyakit. Diantaranya adalah penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) diare dan juga tipus.

“Di Solo ada tiga kelurahan yang kita waspadai sebagai daerah rawan penyakit ini, yakni Kelurahan Sangkrah, Semanggi, dan Kadipiro,” ungkap Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan, Endah Wisnu Wardani, Kamis (6/8).

Dikatakan ketiga kelurahan ini merupakan kawasan padat penduduk, sehingga rentan untuk penularan penyakit musiman ini. Kebanyakan penyakit ini disebabkan oleh debu yang menempel pada makanan atau tangan.

“Padahal saat musim kering seperti seperti ini penggunaan air dihemat, sehingga jadi jarang cuci tangan, dan lainnya,” kata dia.

Dirinya juga mengatakan selain debu, binatang juga menjadi pembawa virus penyakit. Binatang seperti lalat, tikus dan kecoa pada musim kemarau jumlahnya meningkat dan akan sangat berhaya.

“Karenanya kita mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih, dengan cara mencuci tangan, dan menutup rapat makanan sehingga tidak dihinggapi binatang,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge