0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mbah Mun Minta NU Tetap Utuh

dok.merdeka.com

muktamar NU

Timlo.net – Sesepuh Nahdlatul Ulama (NU), Kiai Maimun Zubari (Mbah Mun) berharap perpecahan dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur, bisa cepat selesai. Ia ingin NU tetap utuh.

“Abah ya pasti ingin NU tetap utuh. Meminta semua pihak bersatu. Itu kan kemarin karena panitianya saja yang kurang merangkul kedua belah pihak,” kata Majid Jamil, putra Mbah Mun, Kamis (6/8).

Untuk rois aam, kata Gus Jamil, sapaan Majid Jamil, sikap Mbah Mun sama dengan Kiai Mustofa Bisri, tidak mengejarnya karena posisi rois aam itu sangat berat.

Sementara soal kisruh dalam Muktamar tersebut, Mbah Mun juga biasa saja. Menurut dia masalah seperti itu sudah biasa dalam NU.

“Yang penting nanti bersatu,” ujarnya menegaskan.

Dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur, Mbah Mun masuk dalam sembilan kiai Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa). Ahwa dalam Muktamar itu memutuskan Gus Mus menjadi rois aam untuk periode 2015-2020.

Sementara Kiai Ma’ruf Amin ditunjuk menjadi wakil rois aam. Namun karena Gus Mus menolak menjabat sebagai rois aam, akhirnya Kiai Ma’ruf Amin menggantikannya sebagai rois aam.

Muktamar di Jombang ditutup dini hari tadi, sekitar pukul 02.00 WIB. Selain menetapkan Kiai Ma’ruf Amin sebagai rois aam, Muktamar juga menetapkan Kiai Said Aqil Siroj sebagai ketua umum PBNU untuk periode 2015-2020.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge