0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwascam Kemalang Temukan Stiker Cabup-Cawabup

timlo.net/aditya wijaya

Stiker pasangan cabup dan cawabup Klaten yang dipasang di depan Balai Desa Sidorejo, Kemalang

Klaten — Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kemalang melakukan pemantauan atribut kampanye di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kamis (6/8). Pasalnya, salah seorang bakal calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) yang bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Klaten disinyalir mencuri start kampanye.

“Kemarin (Rabu, 5/7) ketika koordinasi di kantor Panwaskab (Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten) diberi informasi untuk mengecek ada tidaknya stiker-stiker yang ditempelkan di wilayah kami,” ungkap Ketua Panwascam Kemalang, Sumanto, Kamis (6/8).

Setelah dicek, ternyata informasi tersebut benar adanya. Pihaknya menemukan sejumlah stiker yang dipasang ditembok maupun pagar rumah warga di wilayah lereng Merapi tersebut. Diduga, pemasangan stiker dilakukan selepas acara pertemuan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kecamatan Kemalang di Balai Desa Sidorejo, Rabu (5/7) kemarin.

Namun demikian, menurut Sumanto, pemasangan stiker itu belum bisa dikatakan sebagai mencuri start kampanye. Sebabnya, belum ada penetapan resmi dari KPU Klaten tentang siapa cabup-cawabup yang bertarung di Pilkada sampai soal jadwal kampanye.

“Kita sebagai penyelenggara sulit mengatakan nyolong start. Tapi, hasil dari pengecekan ini akan kami laporkan ke Panwaskab untuk menindaklanjutinya. Karena Panwaskab yang mempunyai wewenang sampai melacak siapa yang menempelkan. Sebelum ada penetapan dari KPU, kami hanya bisa melakukan langkah preventif, mengingatkan kepada masyarakat melalui PPL dan PPK,” imbuhnya saat Ditemui di Balai Desa Sidorejo bersama dua orang Panwascam lainnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge