0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Siswa SD Ikut Latgab PMR Mula

dok.timlo.net/heru murdhani
Latihan Gabungan Palang Merah Remaja (PMR) Mula, se-Kecamatan Jebres (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Suasana Taman Cerdas Kecamatan Jebres tampak meriah, Kamis (6/8). Ratusan anak-anak SD bernyanyi, berlari, dan mendengarkan instruksi dari fasilitator. Mereka mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) Palang Merah Remaja (PMR) Mula, se-Kecamatan Jebres.

Dengan dibagi beberapa kelompok, sejumlah 188 anak dari 19 SD ini mengikuti berbagai materi yang disajikan dalam bentuk permainan. Materi yang dibawakan antara lain gerakan kepalangmerahan, pertolongan pertama, perawatan keluarga, pendidikan remaja sebaya, donor darah, penanggulangan kebencanaan dan kepemimpinan.

“Latihan gabungan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan dan pelantikan anggota PMR Mula (PMR tingkatan SD) yang telah kami lakukan beberapa bulan lalu,” ungkap Kepala Bagian pendidikian dan pengembangan Sumber Daya Manusia PMI Cabang Solo, Budi Purwanto.

Dikatakan, pelatihan ini dilakukan secara menyeluruh di tingkat kota. Namun dilaksanakan secara bertahap di tiap kecamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter PMR mula yang gembira, tetapi mengedepankan semangat menolong.

“Selain Latgab ini akan dilakukan juga kegiatan dengan skalanya lebih besar lagi, misalnya nanti kita adakan roadshow ke PMI, kemudian ke Griya Peduli PMI, atau pelatihan pertolongan pertama di jalan raya. Setelah itu mungkin kita beri ujian dan penghargaan dengan cara lomba,” katanya.

Salah seorang peserta dari SD Negeri Mojosongo 1, Krisna Mahendra Putra mengatakan dirinya senang mengikuti kegiatan ini. Selain bisa menambah pengetahuan, dia bisa berkenalan dengan siswa-siswi SD lain di kecamatan Jebres.

“Senang bisa ikut kegiatan ini, jadi bisa tambah pengetahuan. Materinya sambil bermain, jadi enak,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge