0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Naik Rp 1 Juta

dok.timlo.net/nanin
Sapi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Hari Raya Idul Adha masih sekitar sebulan, namun kebutuhan sapi mengalami peningkatan. Akibatnya harga sapi potong di Pasar Hewan Singkil, Boyolali, mengalami kenaikan antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta perekor.

“Sudah seminggu terakhir ini harga mengalami kenaikan,” ujar Mujiyono (46), pedagang sapi asal Cepogo, Kamis (6/8).

Dijelaskan, kenaikan harga biasanya terjadi menjelang Idul Adha atau tiga minggu sebelumnya, namun kali ini, harga sudah mengalami kenaikan. Bahkan, permintaan sapi dari pedagang luar Boyolali sudah mulai masuk.

“Saya tadi bawa tiga ekor langsung laku, dibeli warga. Katanya untuk persiapan kurban,” ujarnya.

Tiga ekor sapinya dijual bervariasi antara Rp 11 juta hingga Rp 15 juta. Mujiyono mengaku uang hasil penjualan sapinya tersebut akan dibelikan sapi, untuk kemudian dijual mendekati Hari Raya Qurban, sehingga keuntungan bisa lebih tinggi.

“Biasanya sapi lokal yang paling banyak dicari pedagang,” imbuhnya.

Senada, Sarwoto (48), pedagang lain asal Desa Jelok, Kecamatan Cepogo,menambahkan sapi lokal yang berwarna putih, biasanya paling banyak dicari dibandingkan jenis lain. Selain harganya lebih murah, sapi jenis ini juga lebih enak dagingnya. Untuk saat ini, Sarwoto,mengaku sudah mendapat pesanan dari sejumlah pengurus masjid di wilayahnya.

“Sudah ada pesanan, mintanya harga antara Rp 15 juta hingga Rp 17 juta,” tambahnya.

Untuk mendapatkan sapi jenis lokal, dirinya biasanya membeli langsung ke peternak. Pasalnya, bila membeli ke pedagang di Pasar Hewan harganya cenderung sudah tinggi.

Salah satu pembeli sapi, Widodo, mengaku dirinya membeli sapi mewakili takmir masjid di kampungnya, lebih senang membeli jauh-jauh hari, karena harganya lebih murah. Nanti, selepasnya akan diperlihara dititipkan ke warga yang punya ternak sapi.

“Lebih murah kalau belinya mulai sekarang, kalau sudah dekat Hari Raya Qurban, naiknya bisa mencapai Rp 5 jutanan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge