0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peserta KB MKJP di Karanganyar Naik 34,18 %

dok.timlo.net/red
Logo KB (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Keberhasilan Karanganyar menjuarai lomba Keluarga Berencana Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (KB MKJP) Prasarana Pemerintah tingkat nasional tidak lepas dari keberhasilan peningkatan peserta KB MKJP hingga 34,18 persen dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini, peserta KB MKJP, meliputi spiral (IUD), susuk (implant), vasektomi dan tubektomi di Karanganyar juga meningkat. Persentasenya mencapai 34,18 persen atau 46.474 peserta hingga pertengahan tahun, dari total peserta KB sebanyak 135.957 orang,” kata Kabid KB BP3AKB Karanganyar, Heri Pranoto, Kamis (6/7).

Tahun 2014 lalu, lanjut Heri Pranoto, persentase peserta program KB MKJP di Bumi Intanpari masih di angka 33,75 persen. Hingga akhir tahun ini, persetase peserta program kontrasepsi jangka panjang diperkirakan mencapai 35,8 persen.

“Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab untuk meningkatkan layanan KB MKJP bagi masyarakat adalah dengan melatih bidan desa untuk penanganan KB metode spiral dan susuk,” kata Heri Pranoto.

Seperti diketahui, Kabupaten Karanganyar  menyabet juara pertama dalam Lomba Keluarga Berencana Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (KB MKJP) Prasarana Pemerintah tingkat nasional. Karanganyar berhasil menyisihkan perwakilandari 32 propinsi di Indonesia, karena memiliki keunggulan dalam beberapa hal.

“Penghargaan sudah kami terima dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-22 di Provinsi Banten, 1 Agustus lalu,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Karanganyar Any Indrihastuti, Kamis (6/8).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge