0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karanganyar Juara Lomba KB Tingkat Nasional

dok.timlo.net/red
Logo KB (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Kabupaten Karanganyar menyabet juara pertama dalam Lomba Keluarga Berencana Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (KB MKJP) Prasarana Pemerintah tingkat nasional. Karanganyar berhasil menyisihkan perwakilan dari 32 propinsi di Indonesia, karena memiliki keunggulan dalam beberapa hal.

“Penghargaan sudah kami terima dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-22 di Provinsi Banten, 1 Agustus lalu,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Karanganyar, Any Indrihastuti, Kamis (6/8).

Any Indrihastuti mengatakan, ada beberapa keunggulan yang membuat Karanganyar berhasil merebut juara pertama Lomba MKJP Prasarana Pemerintah pada tahun ini. Di antaranya komitmen kepala daerah yang menerbitkan produk hukum untuk mendukung program KB MKJP.

“Bupati mengeluarkan surat edaran kepada kepala desa (Kades) agar mengalokasikan dana untuk program KB MKJP, itu merupakan keunggulan tersendiri,” kata Any.

Selanjutnya, Bupati juga mengeluarkan surat edaran pada seluruh SKPD untuk mengintegrasikan kebijakan dalam rangka mendukung program itu, serta mengeluarkan peraturan bupati tentang petunjuk teknis penggunaan dana desa dalam mendukung KB MKJP

“Keunggulan lain, Karanganyar memiliki Puskesmas Gondangrejo yang dokternya bisa melayani KB MKJP, khususnya vasektomi. Pelayanan KB di Puskesmas ini juga berdiri sendiri. Kemudian klaim Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKM) untuk KB juga sudah berjalan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge