0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Temuan Mani Gajah Berpotensi Sejahterakan Warga

timlo.net/agung widodo

Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto (baju putih) bersama Wakil Ketua DPRD, Haryanto (Pakai peci) tengah memegang batu yang dipercaya sebagai mani gajah di Desa Bonagung, Kecamatan Tanon, Rabu (5/8).

Sragen – Puluhan warga Desa Bonagung, Kecamatan Tanon sibuk menggali tanah seluas sekitar 2 hektar. Bukan bercocok tanam, melainkan untuk mencari bebatuan yang dipercaya sebagai kristalisasi dari mani gajah. Ditemukannya mani gajah sebagai bahan pembuatan batu akik ini tidak hanya mengundang perhatian warga Tanon, tapi juga pimpinan DPRD Sragen yang langsung datang ke tempat tersebut.

“Kita meninjau lokasi di Bonagung ini karena di sini banyak warga yang berusaha mendapatkan batu mani gajah. Ini bisa mendatangkan penghasilan buat mereka. Kebetulan negara kita ini lagi boming batu akik,” kata Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto di lokasi penggalian Desa Bonagung, Kecamatan Tanon, Rabu (5/8).

Totok, panggilan akrab Bambang Samekto, datang berbarengan dengan Wakil Ketua DPRD, Haryanto. Keduanya langsung melihat aktivitas dan kesibukan warga Bonagung dalam upayanya mendapatkan batu mani gajah. Mereka menyempatkan diri mengobrol dengan beberapa warga dan memegang bongkahan mani gajah yang baru saja digali dari dalam tanah.

Bambang mengatakan, ditemukannya mani gajah itu merupakan salah satu potensi di Kabupaten Sragen yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

“Dengan temuan ini semoga masyarakat bisa mendapatkan hasilnya,” ujarnya.

Haryanto menambahkan, kendati belum terorganisir, namun masyarakat di Desa Bonagung rata-rata telah memiliki peralatan yang biasa digunakan perajin batu akik. Kalau saja dikelola dengan baik tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan sebagai tempat Usaha Kecil Mikoro dan Menengah (UMKM) Desa Bonagung, Tanon.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge