0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Calon Tunggal, KPU Tunggu Rekomendasi Bawaslu

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunggu rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengatasi polemik calon kepala daerah tunggal. Kemungkinan, Bawaslu akan memberikan rekomendasi untuk kembali memperpanjang pendaftaran calon untuk 7 wilayah yang memiliki calon tunggal.

“Kira-kira alternatifnya adalah perpanjangan. Tapi harus siap rekomendasinya seperti apa,” kata Ketua KPU Husni Kamil Manik, Rabu (5/8).

Soal waktu perpanjangan pendaftaran ini sifatnya masih tentatif. Bisa jadi tambahan waktu perpanjangannya paling lambat 7 hari.

Adapun dasar atau payung hukum untuk memperpanjang waktu pendaftaran itu berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu nantinya. Namun, jika tetap hanya ada satu pasangan calon, maka 7 wilayah itu mau tidak mau diundur hingga tahun 2017.

“Tetap yang berlaku adalah pengaturan kemarin, kita akan undur sampai 2017 ya,” tegasnya.

Husni menampik bila KPU dianggap tak konsisten dengan adanya kemungkinan memperpanjang waktu pendaftaran kembali. Sebab, jika itu adalah keputusan alternatif yang bakal diambil merupakan rekomendasi dari Bawaslu yang dijadikannya sebagai payung hukum.

“Kan KPU tidak mencla mencle kan, ada dasarnya. Kecuali tidak ada dasarnya ya. Nanti tergantung rekomendasi Bawaslu,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie menegaskan, Presiden Jokowi sudah memutuskan untuk tetap tidak mengeluarkan Perppu mengenai hal ini. Kemungkinan besar, opsinya adalah memperpanjang kembali masa pendaftaran calon untuk 7 wilayah kabupaten/kota yang hanya terdapat satu pasangan calon.

“Kemungkinan memperpanjang masa pendaftaran, nanti akan disampaikan oleh KPU,” kata Jimly.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge