0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Boyolali

PKB Kubu Muhajir Laporkan KPU ke Panwaslu

Muhajirin ()

Boyolali — Kasus dualisme kepengurusan PKB Boyolali berbuntut panjang. Pengurus PKB kubu Muhajirin, melaporkan KPUD setempat ke Panwaslu, yang telah menerima pengusungan PKB kubu Chamim atas paslon Agus Purmanto-Sugiyarto (Toto).

PKB kubu Muhajirin menilai KPU telah melanggar Peraturan KPU (PKPU) No.12 Tahun 2015 tentang Pencalonan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, karena telah menerima PKB kepengurusan Chamim Irfani sebagai salah satu partai pengusung Agus Purmanto-Sugiyarto. Kubu Muhajir ini juga sudah melayangkan surat ke KPUD namun tidak ada jawaban.

“Saya layangkan surat lagi, tapi sampai hari ini belum ada jawaban, jadi kami laporkan saja ke Panwaslu,” ungkap Muhajirin, Rabu (5/8).

Pihaknya juga berencana melakukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN). Yang menjadi fokus dalam permasalahan ini karena KPU telah melanggar PKPU karena menerima kepengurusan Chamim sebagai partai pengusung.

Sementara pergantian kepengurusan yang mendadak dan dicopotnya Muhajirin sebagai ketua PKB Boyolali, dikarenakan Muhajirin diketahui tak mengindahkan rekomendasi DPP PKB untuk mengusung Agus Purmanto-Sugiyarto melainkan mengalihkan dukungannya kepada pasangan Seno Samodro-Said Hidayat. PKB kemudian menganti kepengurusan PKB Boyolali dengan mengangkat Chamim Irfani, sebagai ketua.

“Pergantian kepengurusan secara tiba-tiba akan saya selesaikan di internal partai,“ imbuhnya.

Ketua Panwaslu Boyolali, Narko Nugroho, membenarkan dirinya telah menerima laporan dugaan pelanggaran yang dilakukan KPU dari Muhajirin.

“Hari ini kami panggil KPU untuk kami mintai klarifikasi,” kata Narko.

Namun, Panwaslu belum bersedia membeberkan adanya kemungkinan pelanggaran oleh KPU. Pihaknya masih melakukan pemeriksaan baru kemudian akan dilakukan pleno.

“Tunggu hasilnya setelah pleno,” ujar Narko.

Sebelumnya, KPU akhirnya menerima PKB kepengurusan Chamim Irfani sebagai salah satu partai pengusung pasangan Agus Purmanto-Sugiyarto karena kepengurusan Chamim sudah tercantum dan terdaftar di KPU baik pusat maupun provinsi. Kepengurusan Chamim dan rekomendasi dari DPP PKB juga langsung ditandatangani Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

“PKB sudah memenuhi legal formal pendaftaran dan pengusungan calon. Sementara masalah pergantian pengurus, itu masalah internal partai,” tandas Ketua KPUD, Siswadi Sapto Hardjono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge