0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karanganyar Masih Aman dari Kekeringan

dok.timlo.net/nanang rahadian
Air Waduk Delingan, Karanganyar mulai menyusut (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Meski diprediksi akan kekurangan air pada saat musim kemarau panjang tahun ini, namun dua desa di Kecamatan Godangrejo, Karanganyar yakni Desa Wonosari dan Rejosari masih aman. Bahkan pasokan air masih lancar.

“Dua desa itu paling parah mengalami kekeringan di Kecamatan Gondangrejo,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho, Rabu (5/8).

Nugroho menjelaskan, perkiraan terjadinya kekeringan didasarkan pengalaman setiap datang musim kemarau kedua desa tersebut selalu kekurangan air. Pihaknya sudah menempuh berbagai upaya untuk mengatasi kekeringan di daerah itu seperti dengan membuat sumur artesis, karena tekstur tanah yang termasuk dataran tinggi upaya ini selalu gagal sebab tidak ada sumber air di dalam tanah.

“Untuk kekeringan prioritas pengawasan dan pemantauan kami dua desa di Kecamatan Gondangrejo yaitu Desa Wonosari dan Rejosari, karena setiap musim kemarau kedua tempat tersebut selalu mengalami kekurangan air terutama air bersih,” jelas Nugroho.

Ditambahkan, untuk mengantisipasi kekeringan dan kekurangan air bersih di kedua daerah itu sampai sekarang ini  pihaknya terus melakukan pemantauan dan pengawasan serta selalu berkoordinasi dengan Pemkab dan PDAM Karanganyar untuk menyiapkan segala sarana prasarana jika terjadi musibah.

Selain itu BPBD Karanganyar juga sudah menyiapkan. Logistik sesuai prosedur tetap (Protap) berupa bahan makanan, obat-obatan, pendukung evakuasi seperti tenda darurat, MCK dan penyediaan air bersih.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge