0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aisyiyah Wujudkan Kehidupan Perempuan Berkemajuan

Muktamar Muhammadiyah di Makassar (dok.merdeka.com)

Makassar — Aisyiyah sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah dihadirkan untuk mewujudkan kehidupan perempuan berkemajuan dalam seluruh aspek kehidupan. Perempuan berkemajuan adalah alam pikiran dan kondisi kehidupan perempuan yang maju dalam segala aspek tanpa mengalami hambatan dan diskriminasi baik secara struktural maupun kultural.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini saat menyampaikan Pokok Pikiran Aisyiyah Abad Kedua pada Muktamar Satu Abad Aisyiyah, di Makassar, Sulsel, Rabu (5/8).

Perempuan berkemajuan dalam pandangan Islam adalah kehidupan perempuan yang memiliki derajat dan perlakuan yang sama mulia dengan laki-laki tanpa diskriminasi. “Ukuran kemuliannya terletak pada ketaqwaan, iman dan amal shaleh,” jelasnya.

Namun demikian, harus diakui sampai saat ini, kata Noordjannah, masih terdapat sebagian masyarakat termasuk pada pimpinan dan tokoh masyarakat memiliki pandangan yang disebut biar jender dalam memandang dan memperlakukan perempuan untuk berperan di ruang publik. Hal itu merupakan dampak dari pandangan budaya yang patriarkhis dan paham agama yang tidak sesuai dengan nilai-nilai keutamaan, kesamaan dan keadilan bagi perempuan insani.

Selain itu, realitas sosial menunjuk bahwa kehidupan perempuan dalam berbagai aspek masih mengalami ketertinggalan, ketidakadilan, dan terdiskriminasi karena berbagai faktor kondisional, seperti adanya kekerasan dan beragam perlakuan.

Sebagai gerakan pencerahan yang berbasis pada pandangan Islam yang berkemajuan, kata Noordjannah, Aisyiyah penting untuk melakukan peneguhan dan pembaharuan pandangan keislaman dalam berbagai aspek dan khususmya tentang perempuan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge