0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Kemarau, Warga Dihimbau Gunakan Masker

dok.timlo.net
masker (dok.timlo.net)

Wonogiri – Dampak musim kemarau  tidak hanya kekeringan saja. Namun sejumlah penyakit dapat ditimbulkan, seperti  flu, sakit mata, Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), dan diare. Pemerintah pun menganjurkan agar warga menggunakan masker.

“Sebagian besar penyakit tersebut, bersifat menular. Sehingga jika ada satu orang anggota keluarga yang terserang, kemungkinan besar akan menular ke anggota keluarga lainnya,” ungkap Pelaksana Tugas (PLt) Kepala DKK Wonogiri, Bambang Haryadi, Selasa(4/8).

Menurutnya, warga harus lebih waspada adanya penyakit. Biasanya, ISPA sering menyerang warga saat kemarau seperti ini. Saat terjadi kekeringan dan minimnya air, banyak debu yang beterbangan. Debu tersebut kemungkinan besar masuk pada rongga pernafasan, dan berakibat munculnya batuk, maupun bersin, hingga membuat rongga pernafasan mengalami luka atau infeksi.

“Sangat baik untuk mengenakan masker. Ini untuk menghindari masuknya debu ke rongga pernafasan,” terangnya.

Ditambahkan, selain ISPA, penyakit yang juga sering menular adalah diare. Penyebabnya, makanan yang terkontaminasi debu, termasuk pula ke tempat minum. Diare juga diperlancar penularannya oleh lalat.

“Seharusnya, baik makanan dan minuman tertutup rapat,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge