0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anggota TNI Pemakai Narkoba Tidak Dihukum

merdeka.com
Ilustrasi Narkoba (merdeka.com)

Sukoharjo — Anggota TNI yang terbukti menggunakan narkoba tidak akan mendapatkan hukuman, melainkan akan direhabilitasi sesuai tingkat pengunaannya. Di internal TNI sudah disediakan rumah rehabilitasi yang berada di Rindam Kodam IV Diponegoro.

“Kita tidak akan memberikan hukuman, melainkan akan kita rehabilitasi, karena memang kami memiliki fasilitas ini di Kodam, jika pada pemeriksaan kali ini terbukti ada anggota yang positif narkoba akan kita kirim kesana,” kata Komandan Kodim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Riyanto, Selasa (4/8).

Meskipun tidak dihukum, namun bagi anggota yang positif menggunakan narkoba teap akan diberikan sanksi teguran agar tidak mengulangi perbuatannya. Dan proses rehabilitasi tetap harus dijalani meskipun dalam satu tahun terakhir hanya menggunakan narkoba satu kali.

Sedangkan untuk BNNP sudah menyiapkan rehabilitasi rawat inap bagi pecandu narkoba dengan masa perawatan minimal tiga bulan hingga enam bulan. Dan untuk memastikan tidak kecanduan lagi, akan diberikan pendampingan yang berasal dari lingkungan dan keluarganya sendiri.

“Tingkat pengguna itu ada beberapa, dari yang paling tinggi pecandu, jarang pakai, sesekali pakai hingga penyalah gunaan obat-obatan, program rehabnya sendiri juga menyesuaikan kondisi si pasien, bisa rawat inap dan rawat jalan, semuanya gratis karena sudah menjadi program nasional,” tandas Petugas BNNP Jateng, Jamal Ma’ruf.

Sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku, penguna narkoba tidak ditahan selama mau direhabilitasi. Sedangkan hukuman berat diberikan kepada pengedar ataupun saat dilakukan razia kedapatan menyimpan ataupun membawa barang bukti.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge