0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masuk Tim Pemenangan, 2 PPS Harus Diganti

timlo.net/nanin

Panwaslu Boyolali

Boyolali — Dua anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) diketahui masuk dalam tim pemenangan salah satu calon bupati dan wakil bupati. Panwaslu Boyolali telah mengirimkan surat rekomendasi ke KPUD agar segera menganti dua anggota PPS tersebut.

”Temuan tersebut kami peroleh dari Panwascam Wonosegoro dan langsung dilaporkan ke Panwaslu,” ungkap Ketua Panwaslu Boyolali, Narko Nugroho, Selas (4/8).

Mereka adalah Kardi Alfredo, warga Ngawen RT 2/RW 2, Banyusri, dan Sugiyanto, warga Gajian RT 2/RW 4, Desa Ngablak. Keduanya menjadi anggota PPS di Desa Banyusri dan Desa Ngablak, Kecamatan Wonosegoro. Dalam temuan panwas, mereka diketahui masuk dalam tim pemenangan paslon independen Cahyo Sumarso-Yakni Anwar.

Pihaknya kemudian menindaklanjuti dengan melakukan klarifikasi kepada keduanya. Hasilnya, kedua anggota PPS ini membantah masuk dalam tim pemenangan. keduanya beralasan namanya dicatut.

Hanya saja, pengakuan kedua anggota PPS ini tidak menggugurkan temuan Panwascam. Pasalnya, dalam daftar tim pemenangan Cahyo-Yakni, nama keduanya tercantum. Kalau namanya dicatut, meskinya ada surat pernyataan dari kedua belah pihak.

”Konsekuensinya tim Cahyo-Anwar juga harus mengganti struktur tim pemenangan yang sudah diserahkan ke KPU,” ungkap Narko.

Namun demikian, surat rekomendasi penggantian personel PPS itu sudah disampaikan kepada KPU Boyolali.

Terpisah, Ketua KPU Boyolali, Siswadi Satpo Hardjono, menyatakan pihaknya siap menindaklanjuti rekomendasi dari Panwaslu. Pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu materi rekomendasi.

“Kita kaji dulu, tidak serta merta kita ganti,” ujarnya.

Sementara, Koordinator Penggalangan Kampanye Tim Cahyo-Anwar, Budi Chamid, akan kroscek terlebih dahulu apakah benar ada anggota tim yang juga menjadi penyelenggara pemilu. Bila nantinya, keduanya memilih menjadi anggota PPS, maka pihaknya akan mencoret dalam daftar tim.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge