0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BKPM Dorong Industri Padat Karya di Wonogiri

IMG-20150804-00053
Sekda Wonogiri Suharno mendampingi Kepala BKPM RI Frangky Sibarani meninjau pembangunan pabrik PT Nesia Pan Pasific ()

Wonogiri — Dibangunnya pabrik oleh investor asing (PMA/penanaman modal asing) asal Korea di Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri merupakan tonggak investasi industri padat karya di Wonogiri.

“Berhubung PT Nesia Pan Pasific ini merupakan PMA, maka ijin prinsip kita yang menerbitkan. Yang terang BKPM mendorong pertumbuhan investasi PMA di Wonogiri ini,” ungkap Kepala Badan Kerjasama Penanaman Modal (BKPM),Franky Sibarani, di Wonogiri, Selasa (4/8).

Menurutnya, investor asal Korea Selatan melirik celah penanaman modal di Wonogiri. PT Nesia Pan Pasific merupakan salah satu perusahaan konveksi terbesar di Asia. Pabrik yang dibangun di Wonogiri  seluas 12 hektar ini memproduksi pakaian jadi seperti celana, jaket, dan gaun, kemeja dan blues.

“Pada tahap awal, manajemen pabrik bakal merekrut 650 tenaga kerja. Namun, rencananya manajemen pabrik bakal merekrut sekitar 12 ribu tenaga kerja,” jelasnya.

Dikatakan, pabrik ini merupakan pabrik ke enam milik PT Nesia Pan Pasific. Menurut Franky, investor pabrik konveksi tersebut bersedia mengajak investor asing lainnya untuk menanamkan modal di Wonogiri. Dia menyebutkan, ada beberapa calon investor asing lainnya, baik dari Korea Selatan maupun Jepang yang telah menyurvei lokasi di Wonogiri.

“Saya harap peran serta Pemprov dan Pemkab dalam hal ini. Karena dengan adanya pabrik, geliat ekonomi lainnya juga bakal hidup,” tambahnya.

Sementara itu, Sekda Wonogiri Suharno yang ikut meninjau lokasi pabrik mengatakan, selain memberikan kontribusi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), pembangunan pabrik juga dapat mengurangi angka pengangguran di Wonogiri.

“Harapannya,warga lebih memilih bekerja di kampung halamannya dibanding merantau ke Jakarta dan sekitarnya,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge