0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau, Petani Diminta Bijak Gunakan Air Irigasi

dok.timlo.net/nanang rahadian
Air Waduk Delingan, Karanganyar mulai menyusut (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten Karanganyar meminta para petani menggunakan air secara bijak saat musim kemarau. Pasalnya setiap musim kemarau datang, petani selalu mengalami kekeringan karena dua waduk penyuplai air dari Waduk Delingan dan Waduk Lalung debitnya berkurang bahkan kering.

“Kapasitas di Waduk Lalung dan Delingan sangat cepat menyusut di musim kemarau. Ini dikarenakan pemanfaatan saat airnya melimpah, terhitung cukup tinggi. Mulai saat ini harus dilakukan water management supaya cukup di saat musim kemarau,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar, Supramnaryo, Selasa (4/8).

Seperti diketahui Waduk Delingan mampu menampung 4,2 juta meter kubik air di tingkat elevasi 179,1 meter saat kondisi normal. Fasilitas pengairan ini menyuplai kebutuhan petani di 1.300 hektare lahan pertanian di Kecamatan Karanganyar Kota, Kecamatan Tasikmadu, Kecamatan Jaten, Kecamatan Kebakramat, serta Kecamatan Mojogedang. Sedangkan Waduk Lalung di Desa Lalung yang merupakan fasilitas irigasi di wilayah lahan pertanian di sekitarnya dipastikan seret saat musim kemarau. Kapasitas tampungan air hujan di waduk ini maksimal 5 juta meter kubik.

Supramnaryo menambahkan, pengelolaan air di dua waduk itu perlu diawasi ekstra di musim pancaroba hingga tiba musim kemarau. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, petani berinisiatif membuka saluran air dari waduk ke sawahnya dengan debit lebih besar karena panik melihat tingkat elevasi turun di masa pancaroba.

“Petani khawatir tidak kebagian air sehingga suplai ke areal persawahan dibuka lebih besar dari jatah normal,” jelasnya.

Guna mencegah penyusutan kian cepat, petani diminta tidak mengintervensi pengelolaan sumber daya air di waduk. Petugas pintu air juga wajib menjaga fasilitas tersebut dari oknum yang ingin menyerobot air demi kepentingan pribadi

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge