0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Serapan Anggaran Rendah, Mendagri Akan Tegur Pemda

Timlo.net — Kementerian Keuangan tegur pemerintah daerah karena anggaran sebesar Rp 250 Triliun belum terserap. Atas hal ini, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, Kemendagri langsung merespon teguran tersebut dengan memanggil pemerintah daerah untuk mendapatkan penjelasan.

“Kuartal pertama, begitu kami dengar dari Menkeu tim sekjen dan ditjen keuangan daerah memanggil semua daerah termasuk kami kirim radiogram, kami undang sekda dan biro badan keuangan se-Indonesia di Sahid, menanyakan ada masalah apa ini kok sampai penyerapan anggarannya kecil sekali?” tutur Tjahjo di Kantor Kementerian Dalan Negeri, Jakarta, Senin (3/8).

Tjahjo mengakui penyerapan anggaran di daerah masih minim. Tjahjo mencontohkan penyerapan anggaran di DKI Jakarta yang menjadi lokasi pusat pemerintahan. Menurut Tjahjo, penyerapan anggaran DKI Jakarta baru 10 persen.

“Jangan jauh-jauh, Jakarta saja pas HUT DKI baru 10 persen, sekarang sudah mulai meningkat,” kata Tjahjo.

Namun, Tjahjo optimis penyerapan anggaran bisa digenjot di sisa tahun 2015. Caranya dengan optimalisasi anggaran ke sektor-sektor yang dibutuhkan.

“Kami optimistis sampai kemarin malam sudah terdata lebih dari 40 persen. Optimalisasi ini penting karena terkait dengan penyerapan ini akan kita hitung anggaran 2016 termasuk Rp 100 Miliar disediakan Presiden kepada semua kepala daerah ukurannya adalah penyerapan anggaran tahun ini bisa dikurangi atau dibatalkan supaya fair,” jelas Tjahjo.

Kalau daerah tidak mampu menyerap anggaran secara optimal, Tjahjo menilai tidak perlu ada peningkatan anggaran untuk daerah-daerah tersebut tahun depan.

[rnd]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge