0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak Susah Makan Tanda Gangguan Psikologis?

dok.timlo.net/ist
Ilustrasi anak kurang selera makan (dok.timlo.net/ist)

Timlo.net—Walaupun orang tua seringkali melihat jika susah makan di antara anak-anak adalah sebuah fase, sebuah penelitian baru mengungkap jika kebiasaan anak yang susah makan disebabkan depresi dan kegelisahan. Lebih dari 20 persen anak berusia dua hingga enam tahun suka pilih-pilih saat makan, terang penelitian itu.

“Anak-anak yang kita bicarakan bukanlah sekedar anak yang tidak mau makan brokoli,” kata pemimpin penelitian Nancy Zucker dari Duke University School of Medicine di Amerika Serikat (AS).

“Ada anak-anak yang makan makanan yang sangat terbatas atau selektif dengan makanan yang mereka konsumsi, yang mulai menyebabkan masalah,” kata Zucker.

“Masalah ini bisa memiliki beragam bentuk. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan, pertumbuhan, fungsi sosial dan hubungan orang tua-anak. Anak merasa tidak ada yang mempercayai mereka dan orang tua merasa disalahkan,” terang Zucker.

Penelitian itu melibatkan 3.433 anak dan diterbitkan dalam jurnal Pediatrics. Para peneliti menemukan jika perilaku makan selektif dalam tingkat sedang dan parah biasanya berhubungan dengan gejala-gejala depresi, kegelisahan sosial dan kegelisahan secara umum.

Walaupun anak-anak yang susah makan dalam tahap sedang tidak menunjukkan gejala psikiatris resmi, anak-anak yang memiliki perilaku ini dalam tingkat yang parah seringkali menderita depresi. Mereka biasanya menunjukkan ciri-ciri gangguan makan yang disebut Avoidant/Restrictive Food Intake Disorder (ARFID).

Zucker berkata anak-anak yang susah makan mungkin memiliki indera yang peka, sehingga merasa jika bau, tekstur dan rasa makanan tertentu terlalu berlebihan bagi mereka sehingga menimbulkan rasa jijik dan keengganan. Beberapa anak mengalami pengalaman buruk terhadap makanan tertentu, dan merasa gelisah saat mencoba makanan baru atau dipaksa mencoba makanan yang tidak disukainya.

Sumber: Food.NDTV.com

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge