0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Pasar Klewer, Alat Berat Hanya Boleh Malam Hari

dok.timlo.net/daryono
Pembangunan Pasar Klewer, Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Pembangunan kembali Pasar Klewer telah dimulai sejak akhir Juli 2015. Letak Pasar Klewer yang berada di titik strategis yang kerap menjadi simpul kemacetan, membuat Pemerintah Kota Solo membatasi distribusi alat berat dan material yang dibutuhkan dalam pembangunan pasar. Distribusi tersebut dilakukan hanya boleh pada malam hari.

“Jalan Rajiman menjadi satu-satunya akses yang bisa digunakan untuk menuju Pasar Klewer, itu pun sangat padat sekali di siang hari. Karenanya harus diatur suapaya distribusi alat berat ini tidak menimbulkan kemacetan. Kami memutuskan untuk memberikan ijin hanya pada malam hari,” ungkap Kepala Sinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kot Solo, Yosca Herman Sudradjad, Senin (3/8).

Ditambahkan lokasi Klewer berada di dekat kawasan Coyudan yang menjadi pusat perekonomian, dengan tingkat kepadatan kendaraan tinggi. Sehingga jika tidak dilakukan pembatasan distribusi dikhawatirkan akan menambah kemacetan.

Namun jika memang terpaksa pihak kontraktor harus mendatangkan material di siang hari, Yosca mengatakan dirinya siap untuk menurunkan petugas demi mengatur lalu lintas. Selain itu pihaknya juga siap untuk melakukan sosialisasi terkait parkir di kawasan Coyudan, dan jalur di seputar Pasar Klewer.

Sementara Kabid Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Sri Baskoro menambahkan, kendaraan pengangkut material proyek maupun alat berat diperkenankan untuk melintas di Jalan dr Rajiman mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Dia memperkirakan rentang waktu itu kondisi lalu lintas di kawasan Coyudan sudah mulai berkurang.

“Mulai pukul 22.00 WIB ruas Jalan dr Rajiman sudah diberlakukan dua arah, jadi kendaraan alat berat dan material bisa melewati Baron dan langsung ke timur menuju Pasar Klewer. Untuk menunjang kelancaran Proyek, kami mempertimbangkan untuk memajukan pemberlakukan arus dua arah menjadi pukul 21.00 WIB,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge