0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Konten Sara, Medsos Tim Kampanye Harus Didaftarkan

timlo.net/daryono

Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas

Solo – Media sosial (Medsos) yang dikelola tim kampanye calon walikota dan calon wakil walikota harus didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pendaftaran Medsos ke KPU agar KPU bisa memantau konten informasi yang disampaikan.

“Media sosial tim kampanye harus didaftarkan ke KPU kabupaten/kota setempat. Sehingga bisa dikontrol agar kontennya tidak menghina atau bermuatan SARA,” kata Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM KPU RI, Sigit Pamungkas saat ditemui Timlo.net di Solo akhir pekan ini.

Media sosial yang didaftarkan meliputi semua hal baik website resmi akun twitter, facebook dan akun media sosial lainnya. Namun, hanya media sosial yang resmi dikelola tim kampanye saja yang perlu didaftarkan.

Keharusan pelaporan media sosial ke KPU, lanjut Sigit, diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) No 7 Tahun 2015. Pelaporan itu maksimal dilakukan tiga hari setelah pasangan bakal calon walikota dan bakal calon wakil walikota ditetapkan sebagai calon walikota dan calon wakil walikota.

“Pemantauan kontennya di KPU. Tetapi kalau ada pelanggaran, Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) yang memberikan rekomendasi,” ujar dia.

Senada, Komisioner Divisi Hukum, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti membenarkan adanya keharusan melaporkan media sosial yang dikelola tim kampanye ke KPU. Pendaftaran dilakukan maksimal tiga hari setelah ditetapkannya pasangan calon.

“Memang Medsos harus didaftarkan ke KPU. Tetapi ini kan belum masuk tahapan kampanye. Pendaftaran ke KPU maksimal sebelum tahapan kampanye atau 3 hari setelah penetapan calon,” ujar dia.

Untuk diketahui, dua pasangan calon yang bertarung di Pilkada Solo 2015 telah melaunching website. Pasangan FX Hadi Rudyatmo yang diusung PDIP melaunching website www.pilkadasolo.com. Sementara pasangan Anung Indro Susanto-M.Fajri yang diusung Koalisi Solo Bersama (KSB) meluncurkan website www.solobersama.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge