0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penjualan Barang Elektronik Anjlok

foto: Setyo

Pameran Komputer

Solo – Penjualan barang elektronik di semester pertama turun drastis. Hal itu dipicu oleh menurunya daya beli masyarakat karena dampak dari melemahnya pertumbuhan ekonomi secara nasional dan menguatnya nilai tukar dolar terhadap rupiah.

“Penurunan animo masyarakat terhadap kebutuhan barang elektronik seperti notebook dan gadget sudah terjadi sejak akhir 2013 lalu. Dimana nilai tukar dolar terus merangkak naik sampai saat ini yang menembus angka Rp 13 Ribu,” ujar Ketua Pelaksana Pameran Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo, Dwi Cahyo saputro kepada wartawan, Sabtu (1/8).

Dikatakanya, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, penurunan penjualan bisa mencapai angka 10 persen. Selain daya beli masyarakat turun, kondisi juga diperparah dengan naiknya harga barang yang menyesuaikan nilai tukar dolar.

“Jika dibandingkan akhir tahun 2013 lalu, untuk harga komputer rata-rata naik 20 persen. Untuk menyiasati hal tersebut biasa yang kita lakukan adalah dengan menggelar pameran. Melalui pameran itu setidaknya bisa menekan pasar agar tidak terlalu anjlok,” jelasnya.

Sedangkan dari kebanyakan produk komputer yang dijual, dirinya mengatakan untuk pangsa pasar Indonesia yang paling banyak diminati adalah notebook ukuran 11,6 Inchi serta harga yang berkisar Rp 3 Jutaan.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge