0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Email Penipuan Berisi Download Link Windows 10 Beredar

CTB-Locker

Dok: Timlo.net/Ubergizmo

CTB-Locker

Timlo.net—Walaupun banyak pengguna melaporkan jika mereka sudah menerima update Windows 10, ada beberapa pengguna lain yang masih menunggu. Microsoft sudah menyatakan jika proses update bisa memakan waktu beberapa hari hingga minggu untuk tersedia bagi semua pengguna. Jadi jika Anda sudah memesan salinan file Windows 10, yang perlu Anda lakukan adalah menunggu.

Akan tetapi mereka yang kurang sabar menunggu, ada sebuah peringatan bagian mereka. Menurut sebuah laporan dari Talos Group, email penipuan tentang Windows 10 beredar di internet. Email ini terlihat seperti email asli karena memakai domain microsoft.com.

Di dalam email, ada lampiran file yang dikatakan sebagai file program Windows 10. Akan tetapi bila sang penerima email mendownload dan menjalankan file ini di komputer, maka komputernya akan dibajak oleh ransomware yang disebut CTB-locker. Software ini mengunci komputer sehingga pengguna tidak bisa mengakses data di komputer. Bila pengguna ingin menggunakan komputer secara normal, dia harus membayar uang sebagai tebusan.

Jika uang tebusan tidak dibayarkan dalam sejumlah waktu tertentu, data di komputer akan dikunci dan hilang selamanya. Jadi berhati-hatilah jika tiba-tiba kalian tiba-tiba menerima email yang mengaku sebagai Microsoft dan menawarkan file program Windows 10.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge