0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dosen UTP Didorong untuk Lakukan Penelitian

Rektor UTP Surakarta, Prof Dr Ir Ongko Cahyono MSc (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Rektor Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo Ongko Cahyono menyatakan, UTP berkomitmen meningkatkan kontribusi perguruan tinggi secara nyata kepada masyarakat. Disamping terus melaksanakan berbagai program peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan sistem penjaminan mutu.

“Salah satu realisasinya dimulai dari peningkatan mutu layanan dosen dan karyawan,” jelas Ongko di sela-sela upacara wisuda sarjana di Kampus II, Cengklik, Jebres, Solo, Sabtu (1/8).

Ongko mengatakan, ke depan pihaknya bakal lebih mendorong para dosen UTP untuk melakukan penelitian dan publikasi, serta aksi secara nyata dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

“UTP akan fokuskan peningkatan jumlah judul penelitian hingga dana penelitian,” ujarnya.

Saat ini, menurut Rektor UTP, penelitian-penelitian yang dilakukan dosen selain didanai dari yayasan atau universitas, memang lebih banyak didanai pemerintah melalui berbagai program DP2M. Penelitian yang dihasilkan musti tidak boleh sebatas formalitas melainkan harus bisa memberikan manfaat yang benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Ongko mengatakan, ada beberapa penelitian yang sudah dipatenkan, di antaranya sejumlah penelitian yang dilakukan dosen Fakultas Pertanian, Sapto Priyadi, dan dosen dari FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan), Syahri Alhusin.

“Sementara itu, UTP saat ini mewisuda sebanyak 222 lulusan dari enam program studi (Prodi),” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge