0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Serentak 2015, KPU Targetkan Partisipasi 78 Persen

timlo.net/daryono

Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas

Solo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan tingkat partisipasi 78 persen dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015. Target tersebut dinilai tidak mudah lantaran magnet terbesar terletak pada parpol dan kandidat.

“Target partisipasi sebesat 78 persen persen. Bukan mudah karena magnetnya berada pada kandidat (kepala daerah),” kata Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM KPU RI, Sigit Pamungkas, saat ditemui wartawan di sela Seminar Politik Potret Buram Partisipasi Pemilih Pemilu : Move On, Jumat (31/8) di The Sunan Hotel.

Menurut Sigit, meski sosialisasi gencar dilakukan KPU, jika kandidat yang ditampilkan di Pilkada tidak menarik maka partisipasi masyarakat diprediksi akan rendah. Meski demikian, KPU berharap masyarakat tidak Golput mesti kandidat yang diajukan parpol kurang menarik.

“Tentu partai jadi penyaring pertama untuk mendapatkan pemimpin yang baik. Tetapi penyaring akhir tetap berada di pemilih,” beber dia.

Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih dan SDM KPU Jawa Tengah, Diana Ariyanti mengatakan KPU Pusat meminta partisipasi bisa meningkat satu persen setiap pemilih. Karena itu, jika partisipasi pemilih di Jawa Tengah pada Pemilu 2014 sebesar 75 persen diharapkan pada Pilkada serentah tahun ini bisa naik menjadi 76 persen.

“Partisipasi di Jawa Tengah masih ada kabupaten/kota yang partisipasinya dibawah 60 persen. Di Jateng, kemarin tertinggi di Wonosobo yakni 80 persen,” beber dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge