0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Ingin Tol Semarang-Solo & Solo-Kertosono Selesai 2,5 Tahun

dok.timlo.net/nanang rahadian
Proyek jalan Tol Solo-Kertosono (Soker) yang melintas di wilayah Kabupaten Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Timlo.net–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan jalur tol Semarang-Solo dan Solo-Kertosono rampung di tahun 2017. Sehingga kedua jalur tersebut akan bisa terhubung.

“Kami optimis 2017 Semarang-Solo dan Solo-Kertosono akan selesai. Presiden sudah. Memerintahkan agar kedua jalur tol bisa diselesaikan dalam waktu 2,5 tahun. Sehingga 2017 Semarang-Solo dan Solo-Kertosono bisa terhubung,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di sela kunjungannya ke Solo, Jumat (1/5).

Basuki mengaku, ia diperintah langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat acara groundbreaking proyek tol di Ngawi, Jawa Timur, Kamis kemarin.

Proyek jalan tol ruas Solo-Ngawi-Kertosono, lanjut Basuki, merupakan bagian dari megaproyek Jalan Tol Trans-Jawa yang sempat mangkrak selama 3 tahun.

“Proyek ini memang sempat mangkrak selama tiga tahun karena kontraktornya kehabisan modal. Pemerintah sudah mengambil alih dan mempercayakan proyek itu kepada PT Jasa Marga dan Waskita Karya,” ucapnya.

Basuki menambahkan, proses pembebasan lahan untuk proyek tol Solo-Kertosono sudah mencapai 93 persen. Sedangkan untuk tol Semarang-Solo nyaris tak ada hambatan berarti.

Ia pun yakin dua kontraktor tersebut mampu menyelesaikan pekerjaannya sesuai tenggat waktu yang telah ditetapkan.

“Tol Semarang-Solo saat ini masih terus dikerjakan, seksi III Bawen-Salatiga juga telah dimulai. Saya yakin tol Semarang-Solo juga bisa selesai di 2017,” tandasnya.

Sumber: Merdeka.com

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge