0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stok Beras Tanah Air Masih Cukup

dok.merdeka.com

Beras Bulog

Timlo.net – Musim kemarau panjang berpengaruh terhadap produksi beras tanah air. Meski hasil produksi turun, pemerintah masih menjamin tercukupinya stok beras yang dimiliki saat ini.

“Dampaknya kepada produksi beras sangat signifikan. Kita lihat produksi perhitungan berasnya. Tapi untuk sementara sepertinya masih cukup,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago, Jumat (31/7).

Untuk itu, lanjut Andrinof, sebagai langkah antisipasi pemerintah akan terus menggelar rapat koordinasi pangan. Dari rapat ini akan ditemukan jalan keluar antisipasi dampak El Nino

“Kita harus antisipasi di awal ya dampak dari El Nino. Kita harus segera antisipasi, kondisi pangan kita,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Hari Priyono mengatakan musim kemarau yang saat ini tengah melanda Indonesia masih dalam batas normal. Total 111 hektar terkena dampak kekeringan dari 14,3 juta hektar sawah secara nasional.

“Produksi beras kita ditargetkan 75,5 juta ton beras. Dari 111 hektar sawah penurunan paling menjadi 75 juta. Jadi untuk sekarang, dampak kekeringan masih belum terasa,” tuturnya.

Hari pun masih bersikukuh jika pembagian 21.000 pompa air yang diberikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman kepada sejumlah petani masih menjadi cara jitu untuk mengatasi kekeringan.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge