0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Agustus, Harga BBM Masih Stabil

dok.redaksi

ilustrasi

Timlo.net – Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar pada Agustus nanti dipastikan tidak berubah. Keputusan ini diambil karena harga minyak dunia masih rendah, yakni di bawah USD 50 per barel sejak Juni.

“Rasanya sih enggak ada (perubahan). Kalaupun ada evaluasi, pada 1 Agustus nanti cuma statement aja bahwa tidak ada penurunan atau kenaikan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, Jumat (31/7).

Pertimbangan lainnya, terkait pelemahan nilai tukar rupiah, yang hampir menyentuh level Rp 13.500 per USD. Ini juga dianggap sebagai dalang belum ada niatan pemerintah mengubah skema harga BBM. Meski harga minyak dunia turun, namun tingginya nilai tukar Rupiah dirasa memberatkan.

Alasan lain pemerintah belum mau merubah harga menurut Sofyan adalah, karena pemerintah masih memiliki utang ke PT Pertamina sebagai penyalur BBM. Sehingga kerugian perlu dikompensasi agar tidak akan ada penurunan harga.

“Jadi kan kombinasi, (sekarang) penurunan harga crude, pelemahan rupiah, (dan dulu) ada kerugian (Pertamina) yang artinya kemarin kita tidak mengikuti harga pasar sepenuhnya. Maka, ini perlu dikompensasi,” tutupnya.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge