0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Permukaan Tanah di DKI Semakin Turun

dok.merdeka.com

National Capital Integrated Coastal Development

Timlo.net – Penurunan tanah di wilayah DKI Jakarta sudah semakin tinggi. Ibu Kota kerap dilanda banjir mencapai 700 liter per detik.

Pemerintah bakal mengkaji ulang pembangunan proyek tanggul raksasa atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Langkah ini dilakukan agar proyek terus berlanjut dan mengurangi dampak buruk dari pembangunan itu.

Dalam mengkaji ulang ini,pemerintah berencana membuat badan khusus untuk NCICD dan akan melaporkan kajiannya setiap enam bulan. Pembentukan badan ini diperlukan untuk meneliti dampak pembangunan. Jangan sampai pembangunan tanggul raksasa di Jakarta malah memberi dampak buruk ke daerah lain.

“Jadi kita kaji ulang, menambah tugas badan di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) secara lebih komprehensif, menata wilayah kota-kota di pantai, karena masalah bukan cuma di Jakarta,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, Kamis (30/7).

Selain itu, pembentukan badan ini juga diperlukan karena pembangunan tanggul tidak hanya akan dilakukan di Jakarta. Namun, untuk saat ini, tanggul raksasa dibutuhkan Jakarta agar tidak tenggelam di kemudian hari. Pasalnya,

“Ini kan proyek nasional bukan Jakarta saja. Jadi kota-kota yang mengalami hal yang sama juga harus dipikirkan. oleh karena itu kita harus punya institusi untuk menangani isu tersebut,” tegasnya.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge