0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Museum Keris Solo Ditarget Selesai Desember 2015

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Eny Tiyasni Susana (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo mengebut proses kurasi dan identifikasi koleksi keris yang akan dipajang di Museum Keris. Meskipun baru akan dibuka tahun depan, namun museum yang terletak di Jalan Bayangkara Solo ini telah mendapatkan hibah ratusan keris dari berbagai kolektor.

“Proses kurasi dan indetifikasi keris masih kami lakukan, ada sekitar 400 keris yang telah masuk ke dalam daftar kami untuk dikurasi,” ungkap Kepala Disbudpar Solo, Eny Tyasni Susana, Kamis (30/7).

Eny menjelaskan, proses kurasi ini penting dilakukan untuk mengetahui karakteristik keris itu sendiri. Di antaranya adalah jenis keris, perkiraan tahun pembuatan keris, bahan pembuatan keris dan lainnya.

“Dengan begitu nantinya masyarakat akan mendapatkan informasi secara detail tentang keris yang dipajang di museum,” kata dia.

Dalam penataannya nanti, Eny berencana akan membuat dua sesi pajangan keris. Setiap sesi akan berdurasi sepanjang 6 bulan. Hal ini dilakukan untuk memberikan suasana baru setiap kali wisatawan datang berkunjung ke Museum Keris.

Dia mencotohkan, sesi pertama dipajang sebanyak 150 keris, sisanya akan disimpan untuk dilakukan perawatan, begitu juga sebaliknya jika sesi kedua telah dimulai, keris yang di pajang di sesi pertama akan disimpan dan dirawat.

“Proses kurasinya masih dilakukan sampai saat ini, kemudian nanti jika proses interiornya telah jadi, akan segera kami rancang untuk tata peletakan di museum,” tandasnya.

Rencananya proses pembangunan museum yang menelan dana sebesar Rp 20 miliar ini akan selesai pada bulan Desember 2015.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge