0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IAIN Surakarta Tingkatkan Kontribusi Pendidikan Islam

Seminar nasional di IAIN Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menggelar seminar nasional dengan mengusung tema “Meningkatkan Kontribusi Pendidikan Islam Sebagai Investasi Bagi Masa Depan Peradaban Bangsa”, di ruang rapat senat, Kampus IAIN Surakarta, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (30/7).

Seminar yang dibuka secara langsung Rektor IAIN Surakarta dan dihadiri lebih kurang 100 peserta mengundang nara sumber Prof Dr Amsal Bakhtiar MA (Direktur Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI) dan Prof Drs Pawito PhD (Guru Besar Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta).

Amsal Bakhtiar mengatakan,kaitannya untuk peningkatan kontribusi pendidikan tinggi Islam sebagai investasi bagi pembangunan bangsa tertitik pada peningkatan akses dan mutunya.

Hal tersebut, menurut Amsal, dapat diwujudkan secara nyata melalui penyediaan dan pengembangan sarana prasarana perguruan tinggi agama Islam (PTAI), termasuk di daerah bencana, terpencil dan tertinggal; peningkatan mutu lulusan dan daya saing bertaraf internasional; peningkatan mutu kurikulum dan bahan ajar; peningkatan partisipasi masyarakat dan bantuan luar negeri; pengembangan kemitraan dengan berbagai pihak; pengembangan Ma`had Aly pada PTAI; penataan program studi dan bidang keilmuan yang fleksibel memenuhi kebutuhan pembangunan.

“Dalam rangka penguatan konsorsium ilmu-ilmu keislaman yang memperkuat pengembangan dan pengkajian ilmu-ilmu keislaman di PTAI; serta peningkatan mutu tata kelola PTAI,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge