0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Didesak Buat Program BPJS Syariah

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan haram. Solusinya, dibuat program baru, yakni BPJS Syariah. Usulan ini mendapat respon positif sejumlah kalangan.

“Jika memungkinkan, tentu tidak salah jika program BPJS dilaksanakan berdasarkan prinsip syariah. Agar lebih moderat, setidaknya pemerintah membuat dua alternatif pilihan yaitu BPJS konvensional dan BPJS syariah. Masyarakat diperbolehkan memilih salah satu di antara kedua pilihan itu,” kata Ketua Komisi VIII DPR, Saleh Partaonan Daulay, Kamis (30/7).

Cara tersebut, kata Saleh, kemungkinan besar dapat menjadi solusi atas polemik ini. Dia mencontohkan dunia perbankan yang kini menerapkan sistem syariah dan banyak pihak yang menilai lebih menguntungkan.

“Perbankan dulu juga begitu. Awal-awalnya ada banyak perdebatan. Tetapi setelah dijalankan, Perbankan syariah dinilai lebih menguntungkan. Sekarang, hampir seluruh bank memiliki bank syariah,” paparnya.

Walaupun begitu, Politikus PAN ini menilai guna mewujudkan BPJS syariah tentu membutuhkan waktu. Sebab, perlunya kajian akademis dan analisa keuangan yang betul-betul komprehensif.

Dengan begitu, pemerintah memiliki kerangka dan referensi yang jelas dalam meluncurkan BPJS syariah seperti yang direkomendasikan MUI dalam fatwanya.

[efd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge