0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tersesat di Gunung Lawu, 7 Pendaki Berhasil Dievakuasi

dok.timlo.net/nanang tahadian
Tim SAR dan relawan dikerahkan untuk mengevakuasi pendaki Gunung Lawu yang sempat dinyatakan hilang (dok.timlo.net/nanang tahadian)

Karanganyar — Tim SAR gabungan berhasil  melakukan evakuasi terhadap 7 pendaki yang hilang di Gunung Lawu sejak Sabtu (25/7) lalu. Sekitar pukul 23.00 WIB tim SAR berhasil membawa para pendaki di Pos Pendakian Cemoro Kandang, Rabu (29/7).

“Kami berhasil membawa para pendaki tersesat ke posko sekitar pukul 23.00,” kata Kepala Kantor SAR Semarang Agus Haryono saat dihubungi wartawan, Kamis (30/7) dinihari.

Menurut Agus, meski sehat, kondisi ke tujuh pendaki nampak kelelahan. Saat ditemukan d isekitar Sendang Drajad, persediaan logistik seperti mie instan, biskuit dan lainnya masih cukup memadai. Agus menduga, beberapa dari pendaki ini sudah sering melakukan pendakian terbukti dari persediaan logistik yang mencukupi hingga beberapa hari.

“Perkiraan sampai posko 4 jam molor menjadi 6 jam karena kondisi pendaki yang kelelahan, jadi harus banyak berhenti,” kata Agus.

Tim SAR gabungan yang menemukan langsung melakukan evakuasi dan membawa para pendaki ini di pos 3 jalur Cemoro Sewu. Di Pos 3 ini para pendaki di jemput tim SAR yang menyusul dari bawah.

“Untuk menghemat energi para relawan. Karena tim yang menemukan sudah sejak Selasa melakukan penyisiran,” kata Kakansar Semarang.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, para pendaki sebagian langsung di bawa keluarganya, sedangkan sebagian lagi dilakukan pemeriksaan di Puskesmas Twangmangu dan RSUD Karanganyar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge