0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panen Padi Penelitian BATAN, Jenis Merauke Hasil Terendah

timlo.net/aditya wijaya

BATAN panen padi program Agro Techno Park di Sentono, Karangdowo, Klaten

Klaten — Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melaksanakan panen perdana di lahan persawahan program Agro Techno Park di Desa Sentono, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Rabu (29/7). Panen dihadiri Kepala BATAN Jarot Sulistyo Wisnu Broto, dan Bupati Klaten, Sunarna.

“Hasil panen padi terdiri dari 10 jenis varietas yang ditanam di atas lahan seluas 30 patok atau lima hektar,” kata Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Karangdawo, Sugiyo, Rabu (29/7).

Dikatakannya, dari 10 jenis varietas padi tersebut, produksi terbanyak adalah varietas Dyah Suci yang mencapai 9,72 ton per hektar areal. Kemudian, varietas Woyla sebanyak 9,44 ton per hektar, Inpari Sigenuk 9,22 ton per hektar, Cilosari 8,8 ton per hektar, Mukibar 7,9 ton per hektar, Mirah 7,27 ton per hektar, dan Unsrat 1 7,5 ton per hektar .

Sedangkan sisanya berproduksi dibawah tujuh ton, antara lain, Unsrat II sebanyak 6,7 ton per hektar, dan Bestari 6,65 ton per hektar, dan terendah Merauke yang hanya berproduksi 4,64 ton per hektar .

“Terdapat satu varietas padi (Merauke) yang produksinya paling rendah karena mengalami serangan hama patah batang leher. Kedepan kejadian ini akan diperbaiki agar produksi menjadi lebih baik,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BATAN, Jarot Sulistyo Wisnu Broto menerangkan, Klaten merupakan satu-satunya daerah di Pulau Jawa yang berdiri Agro Techno Park. Sedangkan kawasan percontohan lainnya ada di Kabupaten Musirawas, pulau Sumatera, dan Kabupaten Polewalimandar, Sulawesi. Pihaknya juga melakukan penelitian pemurnian varietas padi Rojo Lele dengan mengunakan teknik Mutation Breeding atau mutasi radiasi di areal persawahaan Desa Gempol, Kecamatan Karanganom.

“Padi Raja Lele yang dikembangkan oleh BATAN kini produksinya lebih baik, waktunya lebih pendek dari enam bulan. Program Agro Techno Park harus sukses agar swasembada pangan segera dicapai,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge