0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa KKN UNS Latih Pembuatan Sangkar Burung

dok.timlo.net/tyo eka
Pelatihan pembuatan sangkar burung (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Mahasiswa peserta Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar pelatihan pembuatan sangkar burung di Kampung Bonorejo, Desa Nusukan, Kecamatan Banjarsari Solo.

“Pelatihan sangkar burung ini  merupakan salah satu program utama yang diberikan BAPEDA kepada UNS sebagai program yang harus dilakukan para mahasiswa KKN pada periode Juni-Agustus 2015 khususnya pada kelompok unit 14 yang KKN di Desa Bonorejo,” jelas Ketua KKN Unit 14, Yopi Saparudin kepada wartawan, di Solo, kemarin.

Menurut Yopi, kegiatan ini dimulai dengan workshop dari para pelatih pembuat sangkar burung yang memaparkan bagaimana cara pembuatan sangkar burung hingga pengenalan bentuk-bentuk sangkar burung yang ada.  Kemudian acara dilanjutkan dengan praktek secara langsung pembuatan sangkar burung yang mendapatkan respons yang menyenangkan dari warga Desa Bonorejo RW 16.

Diharapkan dengan adanya acara pelatihan sangkar burung ini dapat menambah skill warga Desa Bonorejo akan ketrampilan pembuatan sangkar burung yang dapat menjadikan sebuah peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Sementara itu, Rusmianto selaku Pembina Karang Taruna RW 16 mengemukakan, KKN UNS unit 14 dengan program pelatihan sangkar burung merupakan acara yang sangat positif bagi warga terutama bagi para remaja Desa Bonorejo untuk menyalurkan bakat dan untuk mengisi waktu luang sehingga terhindar dari kegiatan negatif yang tidak bermanfaat.

Pelatihan sangkar burung ini dirasa bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian warga karena memiliki peluang yang cukup menarik dan sangat menguntungkan, sehingga diharapkan setelah pelatihan ini banyak warga yang tertarik menjalankan usaha atau bisnis sangkar burung ini, baik sebagai usaha perorangan maupun usaha bersama.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge