0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stadion Gelora Bandung Lautan Api Mulai Retak-retak

dok.merdeka.com

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Budi Waseso

Timlo.net – Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dinilai sudah tidak layak lagi digunakan. Terdapat banyak retakan dan pergeseran bangunan di stadion yang berdaya tampung 60 ribu penonton itu.

“Kita yakin ini bahaya. Secara teknis ini tidak layak untuk digunakan. Ini tim teknis loh (yang bicara) bukan saya,” kata Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Budi Waseso, Rabu (29/7).

Keyakinan Budi Waseso itu karena melihat langsung stadion yang nantinya bakal digunakan home base Persib Bandung ketika bermain. Banyak retakan dan degradasi tanah yang mempengaruhi konstruksi bangunan.

“Di sini ada ahli dari konstruksi yang menjelaskan kepada saya bahwa kondisinya seperti itu, perubahannya bertambah hari ke hari minggu ke minggu, bulan dan tahun,” ungkap dia.

Sejak diresmikan pada 2013 lalu, stadion GBLA memang belum dipakai secara reguler menggelar hajat olahraga, khususnya sepak bola. Namun tanpa ada beban saja, GBLA secara konstruksi dari waktu ke waktu merontok.

“Ini dalam kondisi kosong stadion ini, yang mampu menampung 60 ribu, kalo rata-rata (per orang) 50 kg sudah 30 ton ribu, iya kan. Bayangkan enggak ada beban saja sudah turun terus dan retak. Nah kalau ada beban ini bisa rubuh, ini hanya perkiraan kita,” ujarnya.

Dari pantauan, beberapa sudut baik di dalam dan luar stadion memang mengalami keretakan bangunan. Penurunan aspal juga terjadi. Itu bisa dilihat dari jalan masuk menuju tribun VIP yang ada di barat stadion. Pilar yang ada di tribun tersebut juga memang tidak terlalu kokoh.

Terkait penyidikan yang dilakukan, Bareskrim masih menetapkan satu tersangka. Dia merupakan PNS Distarcip Kota Bandung.

“Baru satu, tapi kita terus lakukan penyelidikan,” ujarnya.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge