0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Penyebab Melemahnya Rupiah Versi JK

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Keterpurukan Rupiah terhadap dolar Amerika (USD) diklaim dipengaruhi oleh kondisi eksternal. Hal itu yang menyebabkan nilai tukar Rupiah terhadap USD masih terus melemah.

“Seperti yang kita tahu dan sering dijelaskan, rupiah itu pengaruhnya eksternal, semua mata uang hampir melemah terhadap USD,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) , Rabu (29/7).

JK menegaskan, nilai tukar Rupiah tidak melemah terhadap mata uang lain. Kondisi saat ini yang terjadi adalah, USD yang semakin kuat.

“Kita tidak melemah melawan Yen, tidak melemah melawan Yuan, tidak melemah dengan Ringgit hanya melemah terhadap Dolar karena dia lebih kuat,” imbuh JK.

JK melihat sudah banyak kebijakan yang digelontorkan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia untuk mengatasi persoalan Rupiah terhadap USD.

Sekarang yang paling penting, menurut JK, adalah memaksimalkan kemampuan dalam negeri di bidang ekonomi.

“Yang paling penting bagaimana kita melaksanakan kemampuan dalam negeri, bagaimana kualitas dalam negeri kuat, bagaimana ekspor bisa lebih baik. Tapi yang tidak bisa kita kuasai adalah harga komoditas yang turun itu,” tutup JK.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge