0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Iriana Jokowi Jadi Nama Bunga Anggrek

dok.merdeka.com

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara

Timlo.net – Nama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) diabadikan sebagai nama sebuah bunga Anggrek di National Botanical Garden of Singapore. Penyematan nama Iriana dilakukan di akhir kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi mengaku terkesan dengan diplomasi bunga ala negeri Merlion tersebut. Anggrek yang bernama asli Dendrobium Christabela, kini menjadi Dendrobium Iriana Jokowi.

“Ini namanya diplomasi bunga, jadi bunga dijadikan alat persahabatan. Cara lain untuk menjalin persahabatan. Jadi cara-cara menjalin persahabatan tidak harus dengan meeting atau bertemu antar-diplomat. Sangat berkesan memberi nama bunga Iriana Jokowi,” kata Jokowi, Rabu (29/7).

Anggrek itu melengkapi koleksi National Botanical Garden of Singapore yang telah ada sebelumnya di antaranya anggrek Angela Merkel dan anggrek Ani Yudhoyono.

Singapura tercatat memiliki tradisi diplomasi yang unik salah satunya diplomasi bunga dengan memberikan nama-nama tokoh yang berkunjung ke National Botanical Garden of Singapore sebagai nama spesies tanaman tertentu.

Ibu Negara Iriana Jokowi sendiri mengaku sangat terkesan ketika namanya disematkan kepada salah satu jenis anggrek dendrobium yang cantik.

“Saya merasa terhormat, (padahal) di rumah tidak koleksi bunga,” kata Iriana.

Namun Jokowi yang berada di sisinya seketika menyela. “Enggak koleksi apa? Banyak gitu kok,” kata Jokowi yang disambut dengan tawa semua yang hadir termasuk wartawan yang mewawancarainya.

Iriana berpendapat anggrek merupakan tanaman yang mudah disukai oleh siapa pun karena kecantikannya namun merawat anggrek tidak boleh sembarangan melainkan harus penuh perhatian dan tulus dengan hati.

[did]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge